Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs
Sunday, October 27, 2013

Drama AC !!!

Dari pertama kali beli AC, memang sih kita belum pernah tuh yang namanya nyewa jasa pembersihan AC. Secara yaa kita berdua males sibuk sama kerjaan dan pada awal2 nikah saia masih kerja di Bekasi sedangkan rumah di daerah Tangsel. Jadilah awal2 saia pulang ke rumah seminggu sekali meninggalkan swami di rumah sendirian dan nginep di rumah ortu, hehehehe :D. Eeeetapi koq ya lama2 kasian sama swami, ketemunya seminggu sekali gtu kek jaman pacaran aja. Akhirnya saia memutuskan untuk PP Bekasi-Bintaro. Hari jumat sore pulang ke Bintaro, jadi Sabtu - Selasa di rumah. Sisanya nginep di Bekasi, gtu trus tiap minggunya :D.
Ealaaahh, lama2 ya mbok cape juga. Bayangkan berangkat jam setengah 6 pagi, pulang sampe rumah jam setengah 7 atau jam 7. Belum sampe rumah langsung buru2 solat, mandi trus keluar lagi nyari makan. Waktu rasanya cepet banget dan tiba2 udah jam 10 aja waktunya tidur. Bangun pagi jam 5, itu rasanya badan lengket banget di kasur. Apalagi saia berangkat lebih dulu dari swami dan pulang belakangan. Di kantor tiap hari ngantuk terus bawaan. Hidup jadi kek gak ada maknanya, karena tiap hari kecapean. Di rumah jadi sering bertengkar sama swami gegara hal2 sepele. Hadeeeuh klo kek gini trus gak enak tho, moso ya tiap hari capee trus bertengkar. Apalagi take home pay saia habis cuman buat transport + maksi doangan. Huhuhuhu...rugi bandar dunk ini mah. Kerja tapi gak ada hasilnya sama sekali, cuman cape yang didapet.

Walaah, malah jadi OOT gini, hehehehe :p. Back to topic, singkat cerita teleponlah saia ke salah satu jasa pembersihan ac di deket daerah rumah. Awalnya sih pengen pake jasa dari el******c c**y, tapi di teplon koq ya gak bisa2 kebanyakan dialihkan telpnya, malaay deeh jadinya. Akhirnya hari sabtu, dateng tuh ceritanya si jasa pembersihan ac gtu. Setelah dibuka2 sama abangnya, eeh dia ngomong :

T (Tukang ac) : Waah mbak ini udah mengerak gini kotorannya gak bisa dibersihin pke air aja, harus pake cairan pembersih?
M (Masee) : Emang brp cairan pembersihnya?
T : 250rb
S (Saia) : Waah gak kurang tuh mas?
T : Emang dah segitu pak harganya gak dimahalin koq.

Yoweeslaah setelah diskusi, akhirnya kita putusin beli aja tuh cairan, secara ac udah lamaaaa banget gak dibersihin, ada kali hampir setahun. Antara rela gak rela sih, hiks :(. Eeh tuh abangnya pergi dulu dunk ambil cairannya dikantornya, dan gak lama kemudian balik. Kita dengan bodohnya gak nanya cairan pembersihnya itu kek gimana. Ada rasa gak percaya juga sih, tapi udah terlanjur ya mau diapain lagi, huhuhuhu...

Dibersihinlah tuh ac sama sama abangnya, bersih2 bagian indoor kelar, si abang pindah bersihin outdoor. Kita liatin tuh yaa dia bersihin outdoornya, sampe akhirnya tuh abang ngecek freon kita. Eeetapi ada yg mencurigakan disini. Moso iya tang meternya dia gak bisa gtu, katanya gak standar ac-nya. Akhirnya tuh abang ac ke kantrnya lagi ambil yg ukuranny agak gede, eeealaaah gak bisa juga dunk tang meternya bocor gtu -___-". Naah disini gw udah curiga berat, moso iya gak profesional banget. Jadi freonnya gtu kebuang2 aja gtu sama dia, WTF !!!!!

Dan tau gak abangnya kemana lagi?? Pergi lagi aja gtu keluar beli selang yg bener gtuuuhhh, ckckckck.. Yang ini baliknya agak lama nih, saia curiga pasti abangnya maksi dulu. Secara emang dah waktunya maksi. Pas balik2 di check lagi dunk freon ac-nya. Hasilnya gimana?? Pasti dah pada bisa nebak dunk yaa. Dia bilang freon acnya kosong a.k.a abis blas gak ada sisa.

T : Pak, Bu ini freonnya gak ada sama sekali
S :*sambil liat hasil tang meternya diangka 2.0 * Emang mustinya diangka berapa?
T : Harusnya 8.0 sih bu. Ini musti diisi, ya gak bisa dingin nantinya
M : Emang berapa kalo ngisi?
T : Ini jatuhnya isi ulang ya pak, bukan tambah. Harganya 475rb
S : *busuuddd mahil aja* Sambil lirik2 sama swami*
S : Itu kenapa selangnya bisa beku putih gtu?
T : Itu karena gak ada freonnya bu, jadi beku
S : Sebelumnya gpp deh bang, koq sekarang malah muncul
T : Yaa kan karena di check baru ketauan
S : Trus kenapa bisa habis? Klo habis kan berarti ada yg bocor? Bocornya dimana?
T : Ini ac kan udah ada hampir setahun ya bu. Wajar laah klo dah setahun bisa habis
S : *perasaan tuh kulkas dah lebih dari setahun fine2 aja* Ya udahlah bang, gak usah diisi freonnya, nanti2 aja belom ada budget
T : *insist* Tapi bahaya loh bu klo beku gini, nanti bisa rusak
S : *diem*

Setelah dipasang semuanya, saia pastiin sama abangnya klo outdoor acnya dah kenceng ato belom, yang kata abangnya sih udah, hmmm.... Selesai semuanya, urusan bayar membayar, si abang bikin kuitansi dan bilang klo garansi selama 1 bulan klo ada keluhan, bla...bla...bla... Si abang ac itu pulang, langsung saia browsing2 tentang ac. Yang intinya klo freon habis itu, tandanya adalah pipa kecil outdoor itu kering, gak beku. Dan kalau beku itu tandanya freonnya kurang atau ada yang kurang kenceng. Normalnya sih yaa pipa2 outdoor itu basah aja gak beku, yang berarti acnya berfungsi dengan baik.

Gak lama saia bbm temen kantor saia dulu nanya seputar ac. Memang kerjaannya sih dibidang ac, yaah walopun gak terlalu recommended tp gpp laah yaa setidaknya ada yang bisa ditanya langsung. To the pointlah nanya klo freon ac itu normalnya berapa? Yang katanya bisa diliat di body outdoor ac. Pas gw liat sih tulisannya 2.0A. Yaa berarti kudu 2.0A freon acnya. Nanya macem2 kesana kemari, yang intinya makin membenarkan keputusan kita gak isi freon sama si abang siampruuuuuut tukang ngibul.

Bingung sama kondisi ac yang udah dinyalain setengah jam ternyata bener gak dingin, tiba2 langsung mikir kenapa gak langsung tlp service center sh**p yaak. Langsung telp dunk yaa, ngomongin ttg keluhannya dan akan beberapa hari setelah pengaduannya. So, sekarang acnya dah sembuuuuhh dunk. Duuuuhh senengnya deh. Kata teknisinya sih bilang outdoor acnya ditutup, jadinya gak dingin dan bikin beku pipa kecilnya. Freonnya juga dibuang sekitar 20%, bukan habis semua. Ditambah dunk yaa freon acnya jadi 100% lagi. Sebelum ditambah pas dibenerin letak baut outdoornya, tuh ac dah berasa dingiin, hohohoho...

Selesai pengerjaan, ngobrol2 bentar sama teknisinya. Kita cerita ttg masalah sama abang ac nipu itu. Dan baru tau looh klo bersihin ac bisa langsung ke service center sh**p dengan biaya 75rb. Besok2 langsung kesitu aja aah, insya Allah gak pke nipu2. Teknisinya membesarkan hati kita dengan bilang "Yaaah gpp pak/bu, anggap aja kurang sedekah jadinya disuruh ngeluarin uangnya lewat situ. Sapa tau ada harta kita yg gak halal, makanya langsung ditegur lewat kejadian tsb. Jangan sampe kek tetangga saya koruptor, dibalesnya lewat anaknya yg OD, dsb..dsb..dsb..Na'udzubillah deh"

Woooowww, teknisinya kereeen. Alhamdulillah dapet pencerahan dan jadi makin bersyukur *berkaca2*. Dan Alhamdulillah lagi berhubung masih garansi, jadinya gratiiis deeehh gak perlu bayar, Alhamdulilah sekali lagi. Padahal bon acnya entah kemana, cuman ada kartu garansi doangan. Tapi syukur Alhamdulillah gak ditanyain. Jadi sekarang2 ini swami tidur dengan anteng, gak seperti sebelumnya tidur muter2 keliling gak jelas gara2 kepanasan jadi kaki di kepala, kepala dikaki *rollingeyes*.

Bener2 cintaah deh dengan service center Sh**p yang TOP Banget pelayanannya. Saia gak pernah kecewa. Telp sangat responsif dan ramah. Teknisi2 yang datang pun memang ramah2 dan baik. Dan klo telp service centernya itu FREE LOOOOHH, hahahahaa... Pentiiiing ituuuuuhh. :D
 
 So, pembelajarannya adalah :
Kita kudu jadi konsumen yang cerdas biar gak ketipu. Yaah walopun kita pernah ketipu 2x termasuk ini. Sebelumnya masalah tukang bangunan. But hey, mungkin ini cara Allah untuk menegur kita, dan Alhamdulillah gak membuat terlarut2. Hikmahnya memang pengalaman itu merupakan guru terbaik, tapi itu membuat kita mendapat pembelajaran, khususnya kita yg bener2 awam dan baru mengenai permasalahan rumah tangga.



0 comments:

Post a Comment