Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs
Wednesday, September 24, 2014

#Throwback - Persalinan


Yeah rite, lahiran dah lewat hampir 7 bulan yang lalu etapi baru ditulis disini. Maklumin yeee full time mom tanpa bantuan asisten, jadinya ya gini deh. Sekalinya ada waktu luang yoo dimanfaatin buat tidur, secara yaa bow ngurus anak itu ternyata capeek *sungkemsamanyokap*. Kali ini throwback pingin cerita proses persalinan. 

Berawal dari hari minggu siang tanggal 23 februari, kebetulan ortu gue dateng maen ke rumah untuk berkunjung. Pas gue pipis siang2 tuh yaa, koq ada bercak2 coklat gtu. Emang sih sebelum2nya gue dah baca2 tanda2 melahirkan itu apa aja. Dan tanda bercak2 coklat kek menstruasi hari pertama itu salah satu dari tanda2 melahirkan. Berhubung gue gak ambil pusing, jadinya gue hiraukan dunk yaaa.. Secara gue berpikir kalo proses pembukaan itu luamaaaa, apalagi anak pertama. Yang gue baca2 bisa sampe seminggu. So, gue keep dunk dari ortu biar gak panik *bwahahahaha...nyantai abiiiss* :D

Abis ashar ortu pulang tuh yaa, dan gue menjalani hari seperti biasanya. Nah, pas malem2 tidur sekitar jam 1 dini hari tetiba kebangun dan gak bisa tidur lagi, soalnya perut mules-semules2nya. Ada kali yaa klo diitungin tiap 1 jam sekali sampe setengah jam sekali. Tapi kalo liat di cd flek coklatnya masih sama aja, berarti yang bagi gue "ooohh..masih gini2 aja" *okeey, calon emak metal* :p. Gue pun memaksakan tidur kembali, tapi gak bisa dunk tuh mules dateng trus.

Subuh pun tiba, keluar kamar langsung nyalain dispenser. Sambil nunggu dispenser panas, gue pun solat. Abis minum air anget tuuh enakan yaa perut rasanya anget, walo mulesnya masih ada tapi mulai 1,5 jam sekali. Berdasarkan artikel yang gue baca itu katanya klo interval kontraksinya udah setengah jam sekali langsung menuju RS, trus klo sudah 5-10 menit sekali berarti dah deket2 lahiran.

Hari itu masuk hari senin, gue pun malay berangkat kerja dengan kondisi yang mules2 gini, swami pun nanya perlu gak sih dia berangkat kerja. Gue dengan santainya bilang "ya udeeh berangkat aja, insya Allah gpp koq". Etapi, swami ragu dunk, akhirnya doi memutuskan gak masuk kerja. Kita menghabiskan waktu pergi ke toko furniture buat beli ranjang, kasur beserta bantal-guling buat ngisi kamar tamu. Sebelumnya makan siang dulu, yang mana gue dah gak nafsu sama sekali makan. Kontraksi makin maknyuus setengah jam sekali. Bagi gue rasanya kayak hari pertama menstruasi.

Beli kasur berees, baleek rumah. Perut rasanya dah gak karuan, swami dah nyuruh buat janji sama dokternya yang ternyata dokter kandungan gue gak praktek dunk soalnya lagi sakit, adanya dokter penggantinya. Padahal gue pengen banget sama dokter kandungan gue, tapi apa daya gak bisa ngeyel dunk. Dokter dateng jam 7 malem, tapi kita udah berangkat dari habis ashar. Alasannya mau mampir ke giant dulu buat beli kurma. Yeaah rite, persiapan buat taknik bayi nanti biar gak susah nyari2 lagi. Solat magrib dulu di giant baru langsung meluncur ke dokternya.

Iyeess, kita gak bawa tas persiapan melahirkan. Gue berpikir paling diperiksa daleman lagi ntar suruh pulang. Malay kan yaa rempong2 bawa tapi suruh balik lagi, hahahaha :D. Sampe sana dapet urutan pertama dunk, langsung disuruh periksa dalem. Eeeh..ternyata udah pembukaan 3, gue gak boleh pulang suruh nginep disitu. Swami pulang lagi dunk bawa tas2 perlengkapan yang dah gue siapin jaoh2 hari *nanti bakal dishare*. Huhuhuhu,.maapkeun istrimu yang ngerjain jadi bikin bolak-balik.

Gue pun ditinggal sendirian disitu, sambil nunggu swami dateng disuruh makan malem. Gue gak selera makan, soalnya mulesnya dah aduhaii bow.. makin lama makin dahsyat, rasanya tuh pegel dipunggung sama pinggang, hiiiyy gak bisa diungkapin dengan kata2. Nyoba inget2 kelas senam hamil tentang teknik pernafasan, tarik nafas lewat hidung, hembuskan lewat mulut. Kata orang2 sih lumayan mengurangi, bagi gue??? Tet toott...gak ngefek boow, hahahaha....

Jam 9 swami dah balik lagi, agak lama gegara terhambat ngobrol sama ketua RT. Mules dah semakin aduhai, ada kali yaa tiap 10-15 menit sekali. Gue ngantuuk sengantuk2nya, secara gak tidur nyenyak semaleman. Walopun mulesnya udah aduhai, gue tetep bisa tidur dengan interval 15 menit sekali bangun meringis kesakitan karena mules. Percayaaa deeh, tuuh mules bikin kita kebangun dari tidur. Trus abis itu tidur lagi, gtu trus sampe akhirnya susternya dateng buat cek bukaan lagi.


Fresh from my womb
Sekitar jam 11an, sudah masuk pembukaan 8. Gue pun dibawa ke ruang tindakan. Nunggu dokternya dateng setengah jam. Percaya deeh, klo pembukaan 1-7 itu mulesnya bikin meringis kesakitan, kalo pembukaan 8 - 10 itu mulesnya kepingin ngeden. Suweeeerr gak boong gue. Dokter pun dateng jam 23.30, gue dah gak tahan pengen ngeden. Dokter pun ngizinin gue ngeden, susaah boow ngeden itu. Walo gue dah ikut senam hamil, tapi tetep suseeh. Dokter pun mengambil inisiatif, soalnya ketuban gue dah pecah. takutnya klo kelamaan didalem, my baby takut kenapa2. Akhirnya di gunting dunk gue. Dan bener kata orang2, pas digunting itu gak berasa apa2. Tiba2 lahirlah my baby unyu2  :*, dan seketika itu mulesnya langsung ilang.

Kalo kata orang2 sakitnya itu ilang begitu liat anak kita lahir. Tapi menurut gue, setelah dirasa2 sakitnya ilang itu bukan karena perasaan bahagia liat anak kita. Tapi fakta bahwa begitu baby-nya keluar, rasa mules itu hilang seketika. Yaah ibaratnya pingin pup, trus dah keluar. Rasanya yaaa lega *okeeh, perumpamaan gue gak bangeet*. Tapi bahasa kasarnya gtu deeh, walo perasaan seneng itu juga jadi salah satu faktor. Tapi faktor terpenting itu adalah rasa mulesnya hilang, karena baby-nya udah keluar. Believe me!!!

Begitu lahir, my baby di taruh di dada gue. Ceritanya proses IMD dunk yaa. Tapi apa daya anak gue bukannya nyari puting susu, tapi malah moyoy. Yeaaah rite, setengah jam gtu taro di dada tetep moyoy aja. Dah dicowel2 juga gak ngefek. Keknya efek karena lahirnya jam 24.10 WIB deh. Waktunya tidur jam segitu, tengah malem soalnya.Proses jahit menjahit adalah proses menyakitkan kedua setelah lahiran. Catet yaa, klo obat bius itu gak ngefek sama sekali.  Karena proses jahitnya itu dikulit, bukan di daging. Yang mana menurut gw, syarafnya beda. Gue dah minta ditambah obat biusnya, pinginnya sih supaya gak berasa pas dijait. Etapi apa daya gak ngefek sama sekali euy, sakitnya tetep berasa. Baiklah, perjuangan menjadi seorang ibu dimulai.

Pada saat proses jahit menjahit, tetiba dokternya bilang, "waaah, ada plasenta yg nempel nih. musti dibersihin kalo gak nanti musti dikuret dan pendarahan". Baiklaaahh, akhirnya dibersihinlah itu plasenta yg nempel. Rasanya??? Beuuh, jangan tanya deeh, itu sakitnya lebih sakit dibanding proses lahiran menurut gue. Yang mana gue sempet pendarahan dan tensi gue turun terus, tapi gak sampe transfusi darah cuman di suruh minum obat aja. Selesai proses itu semua, dokter dan susternya bikin horor dunk kata2nya "Bu, nanti kalo misalnya pandangannya agak gelap, atau darahnya keluarnya banyak kasih tau ya, takutnya nanti pendarahan".

Whaat??? Baiklaaaahh, yang tadinya gue ngantuk pingin moyoy, jadi batal deeh bubar jalan. Yabees omongannya horor gtu. Coba kalo gue tidur trus gak bangun lagi, huaaaaaa...... Anak gue sama siapa dunk? aahh, gak mau dunk gue. Akhirnya semalaman itu gue gak tidur dan terus berlanjut sampe besokan harinya. Soalnya pagi2 ortu gue dateng jenguk, nungguin sampe malem dan langsung cao pulang. Maklum lahiran normal, jadinya malemnya dah balek. Sesampai dirumah, anak gue masih tidur dunk, gue dah bahagia aja akhirnya malam bisa tidur. Etapi harapan tinggal harapan, bangun dunk anak gue malem2 yang artinya begadang part 1. Coba bayangin dah sedari malem gak tidur, eh besokan malemnya gak tidur lagi. Huhuhuhuhu.... perjuangan seorang ibu diuji kembali.

But, i'm happy being mom. Punya anak yg super cantik dan insya Allah akan menjadi anak yang sholehah, rajin, cerdas, berbakti kepada orang tuanya, jadi penyelamat bagi kami, baik tutur kata dan perbuatannya, menjadi penghibur lara bagi kami serta berguna bagi sekelilingnya, amiinn..

Naqisha Alifya Zhafira
(Anak perempuan pertama yang beruntung/utama/mulia)



0 comments:

Post a Comment